Monday, January 20, 2014

Kuliner Banjarmasin Dan Sekitarnya

Banjarmasin adalah ibukota dari provinsi Kalimantan Selatan. Letak nya nyaris di tengah-tengah Indonesia. Salah satu keunikan Banjarmasin yang paling terkenal adalah pasar terapung. Di mana masyarakat berjualan kebutuhan rumah tangga menggunakan kapal-kapal kecil di tengah sungai. Di samping itu kita juga bisa menyantap salah satu makanan khas yaitu soto banjar di atas kapal-kapal tersebut. Selain soto banjar tentunya masih banyak kuliner lain yang dapat menggoyang lidah. Berikut beberapa rekomendasi kuliner, Selamat Menikmati!




Warung Nasi Kuning Rahmat 

Menu: Nasi kuning
Harga: 5.000 - 17.000
Buka: - 
Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin
Review: Sarapan pakai nasi kuning juga enak mmhh.. apa yang membuat spesial nasi kuning disini? menurut saya karena disini tidak menggunakan nasi pulen seperti di Jakarta, jadi tekstur nasi nya agak terburai-burai namun tetap empuk. Lalu ada pilihan pelengkap nasi kuning seperti haruan (ikan gabus), telur, atau ayam. Kalau mau yang khas, saya sarankan pilih haruan. Ada juga menu lontong yang jadi favorit, serta jajanan kecil.

Nasi kuning dengan haruan dan telur

Depot Rudy Hermanto

Menu: Lais bakar, papuyu goreng, jlawat tim
Harga: 25.000 - 45.000
Buka: 10 a.m - 10 p.m
Alamat: Jl. A. Yani KM 3,5, Banjarmasin
Review: Disini tidak hanya makanan banjar saja tapi juga ada seafood dan chinese. Tapi berhubung saya terhitung turis, makanan lokal lebih menarik! Setelah bertanya recommended kepada pelayan, saya pun memesan tiga makanan di bawah ini. Ya rata-rata makanan tradisional sini memang berbahan dasar ikan. Favorit saya adalah Jlawat tim karena daging dan kulit yang lembut, kuah segar, dan cara memasak yang sehat. Di samping itu restaurant ini mendapat piagam penghargaan dalam penerapan sapta pesona terbaik 1 se Kalimantan Selatan oleh Gubernur Kalimantan Selatan lho!

Jlawat tim
Lais bakar
Papuyu goreng

Soto Banjar Bang Amat

Menu: Soto Banjar
Harga: -
Buka: -
Alamat: Jl. Benua Anyar, Banjarmasin
Review: Soto banjar merupakan salah satu yang paling terkenal sebagai khas Banjar. Isi nya hampir sama dengan soto pada umumnya, telur, ayam, perkedel, tomat, nasi/lontong. Namun kuah nya lebih bening dibandingkan soto betawi. Di bubuhi dengan perasan jeruk nipis, cita rasa soto banjar menjadi segar dan gurih. Kita bisa memilih memakai lontong atau nasi. Yang unik dengan kuliner ini menyantap soto ditemani sate daging atau kulit. 


Rumah Makan Beruntung

Menu: ayam habang, nasi pundut
Harga: 7.000 - 25.000
Buka: 7.30 a.m - 10 p.m
Alamat: Jl. A. Yani KM 85, Binuang
Review: Walau tidak ada aturan nya tapi menggabungkan ayam habang dan nasi pundut itu sempurna kenikmatan nya. Nasi pundut adalah nasi yang dimasak dengan santan dan daun salam lalu dibungkus dengan daun pisang hingga menghasilkan aroma yang khas. Sedangkan ayam habang adalah ayam yang di siram dengan bumbu merah yang terdiri dari cabai, tomat, dan bumbu lain nya. Walau terlihat sangat merah namun ayam ini tidak pedas walau terasa aroma cabai nya. 

Nasi pundut
Ayam habang

Rumah Makan "Femina"

Menu: Ikan patin pepes, bebek ungkep
Harga: 20.000 - 22.000
Buka: Pagi - 9 malam
Alamat: Jl. Ir. H. M. Noor, Barabai
Review: Saya merasa rasa makanan disini lebih kuat dari pada di tempat lain dimana biasa nya makanan khas kalimantan sedikit lebih hambar dari pada di Jawa. Bebek ungkep di proses dengan bumbu gula merah dan kecap yang menghasilkan rasa yang kuat. Bebek ungkep disajikan dengan kuah sayur, kuah ini dapat menetralisir rasa bebek yang kuat. Ikan patin pepes nya juga tidak kalah saing. Dengan bumbu yang kental (seperti kunyit) serta potongan tomat kecil-kecil membuat aroma dan rasa nan kuat. 


Ikan patin pepes
Bebek ungkep

Warung Katupat Kaganangan

Menu: Ketupat kandangan
Harga: 18.000
Buka: 6 pagi - habis
Alamat: Jl. A. Yani No. 21 Parincahan, Muara Banyu Barau Kandangan
Review: Ketupat kandangan adalah kuliner khas Kandangan, Kalimantan. Seperti ketupat pada umum nya menggunakan bahan dasar beras. Yang membuat beda disajikan dengan haruan (ikan gabus) yang di panggang sebelum di rebus dalam santan. Ketupat ini juga tidak 'ramai' dengan sayur, dll. Kuah nya juga lebih kental dari masakan ketupat umum nya. 


Depot Simpangan

Menu: ikan patin 
Harga: -
Buka: -
Alamat: Jl. A. Yani KM 38,5, Martapura
Review: Kalau tempat makan yang ini memang terkenal dengan masakan ikan nya. Sebagaimana kuliner di Kalimantan yang sebagian besar terdapat ikan. Dari tiga proses memasak yaitu goreng, bakar, dan pepes. Yang menjadi favorit saya adalah bakar. Dengan potongan lemak di ujung ikan ditambah gurih nya bumbu bakaran, tekstur kulit yang cenderung garing serta daging yang gurih menambah nikmat nya kuliner ini. 

Ikan patin goreng
Ikan patin bakar
Ikan patin pepes

Bakso Sapi Pal Satu

Menu: Bakso
Harga: -
Buka: -
Alamat: Jl. A. Yani KM 1, Banjarmasin
Review: Makanan utama nya adalah bakso. Kuah bakso disini terasa harum gurih dari bawah putih, dan terlihat irisan-irisan kecil bawang putih nya. Tempat makan bakso di sini selalu ramai.. eits! tapi jangan takut kehabisan karena buka sampai tengah malam. Menu nya ada bakso sapi, bakso ikan, bakso urat, bakso babat, bakso ayam, mie ayam, rawon, dll. Kita juga bisa milih mau pakai bihun, mie, atau kwitiau untuk teman makan bakso. Bakso disini disajikan dengan mie yang mangkuk nya dipisah. Jadi, kita dapat satu mangkuk penuh mie. 

Bakso sapi dengan bihun

Sate Kijang

Menu: Sate daging rusa
Harga: 6000/tusuk
Buka: -
Alamat: Jl. Pangeran Samudra (persis diperempatan), Banjarmasin
Review: Walau namanya sate kijang tapi sebenarnya ini adalah sate daging rusa. Beda nya dengan daging yang lain daging rusa tekstur nya terasa lebih kenyal. Bumbu kacang nya juga sesuai, terasa pas tidak terlalu kuat.


Depot Soraya

Menu: Bubur
Harga: 10.000 (Bubur ayam full)
Buka: Pagi - malam
Alamat: Jl. Simpang Telawang No. 51, Banjarmasin
Telp: (0511) 3350914
Review: Sebelum memulai aktivitas atau setelah olahraga paling enak makan bubur! Disajikan hangat-hangat dengan porsi yang cukup banyak, hampir semangkuk penuh. Tapi kalau kebanyakan kita bisa minta setengah porsi saja. Dengan potongan telur asap di atas nya yang menambah selera. Selain menu bubur, disini juga ada menu lain seperti nasi goreng, nasi uduk, ayam, steak, empal, soup, dll. Tapi menurut saya yang paling enak ya bubur! Tempat nya juga nyaman indoor dan ber AC. 


"BATUAH" Bakso & Mie Ayam

Menu: Bakso
Harga: 15.000
Buka: 10 am - 10 pm
Alamat: Jl. Batuah, Martapura (di depan pasar intan martapura)
Review: Saya sudah tahu tempat makan bakso disini dari tahun 2000 dan sekarang sudah banyak kemajuan dari segi interior dan pelayanan. Tapi untuk segi rasa... tetap enak! Kuah bakso disini terasa manis gurih pas terasa takaran nya. Satu porsi bakso juga disajikan dengan pangsit goreng. Kita juga bisa milih mau pakai bihun atau mie kuning. 



Rumah Makan Tahu Sumedang

Menu: Tahu goreng
Harga: 10.000 dapat 20 biji
Buka: -
Alamat: Jl. A. Yani KM 22, Banjarmasin
Review: Kalau menu yang satu ini bukan 'Banjar banget' ya? Dari namanya aja udah ketahuan (hehehe). Tapi bagi yang lagi ngidam gorengan disini gorengan nya enak banget! Tahu nya cukup kecil jadi ga akan puas kalau makan satu atau dua (hehehe). Enak langsung disantap selagi hangat.



Gimana? Enak-enak kan? Bikin menggoyang lidah kan? Makanan khas Indonesia itu emang the best! Selain karena unik, bumbu-bumbu nya juga menggetar selera! Selamat mencoba!!!

Love, Irena.

No comments:

Post a Comment