Friday, June 13, 2014

Chao buoi sang Vietnam!

Vietnam! Secara resmi nama Vietnam adalah Republik Sosialis Vietnam. Ibu kota Vietnam adalah Hanoi, sedangkan kota terbesar adalah Ho Chi Minh (dahulu bernama Saigon). Kenapa diganti? Karena untuk mengenang nama pemimpin meraka yang sudah tiada, yaitu Ho Chi Minh! Tidak ada perbedaaan waktu dengan Jakarta. Untuk kurs mata uangnya 1000 rupiah sama dengan 1800 dong. Perjalanan dari Ho Chi Minh - Jakarta menggunakan pesawat memakan waktu tiga jam. Saya kesana sekitar bulan Januari, dan disana lagi musim dingin! Oh ya, iklim Vietnam adalah ilklim monson (hujan lebat) tropis!

Chua Tran Quoc
Ini adalah tempat keagamaan, yaitu candi budha di Hanoi. Katanya pagoda disini adalah pagoda tertua di Hanoi. Nice place, dengan pemandangan danau yang indah.






Mausoleum Ho Chi Minh
Didalam bangunan ini terdapat jenazah pemimpin negara Vietnam yang diawetkan. Untuk masuk kedalam harus melalui pemeriksaan barang bawaan beberapa kali. Didalamnya pun banyak petugas yang berjaga. Pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto didalam maupun melihat sambil berdiam diri, jadi sambil melihat jasad Ho Chi Minh kita harus sambil berjalan.


Ho Chih Minh’s Residence Area
Satu area dengan Mausoleum Ho Cho Minh. Terdapat rumah kecil yang terbuat dari kayu, tempat pertemuan, telepon, dan mobil yang digunakan Ho Chi Minh semasa hidupnya. Ada juga residence, kebun, dll yang juga peninggalan sejarah.




Temple of Literature
Candi ini dibangun pada tahun 1070. Candi ini adalah salah satu tempat yang didedikasikan untuk keperluan agama maupun pendidikan.




Souvenirs:



Ha Long Bay
Ha long bay adalah salah satu keajaiban alam didunia. Tempat ini juga merupakan tujuan utama wisatan datang ke Vietnam. Untuk sampai sana kita harus naik boat.







Dao Go Cave
Nah, boat tersebut nanti akan membawa kita ke goa yang artistik dan lucu! Di dalam goa ini terdapat stalaktik yang megah dan rasanya sayang untuk dilewatkan. 





Water Puppet Show
Pertunjukkan dalam air dengan menggunakan boneka dari kayu dan dicat. Pemainnya memainkan dari balik layar. Pertunjukkannya cukup menghibur. Menceritakan kehidupan masyarakat Vietnam dengan diwarnai humor. Terkadang ada semburan air yang dicipratkan kepenonton.



Notre Dame Cathedral
Bangunan bersejarah yang bernuansa keagamaan. Berada di pusat kota. Cukup indah dari sisi arsitektur. Diseberang cathedral terdapat kantor pos pusat.


Cu Chi Tunnel
Hal yang  paling seru dari seluruh tempat yang saya datangi ada disini! Yap ini adalah terowongan. Singkat cerita ketika Vietnam dijajah oleh Amerika masyarakatnya bersembunyi dan tinggal didalam tanah! Semua kegiatan dilakukan disana dari memasak, tidur, sekolah, dll. Keren banget ya? Dahulu panjang terowongan ini sampai dengan 200 km dan terbagi beberapa tingkat. Sayangnya saya tidak mendokumentasi terowongan tersebut. Hanya ada foto atap dari bangunan bawah tanah. Selain terowongan disini juga ada tempat pelatihan tembak.




Souvenirs:




A little bit of information
Bahasa di Vietnam menurut saya agak susah untuk dipelajari. Karena intonasi yang berbeda dapat membedakan arti kata itu sendiri. Untuk cara penulisannya pun menggunakan tanda baca, yang dapat menentukan intonasi dan jeda dalam berbicara. Tubuh masyarakat Vietnam juga cenderung lebih kecil dari Indonesia, mungkin itu sebabnya mereka dapat tinggal dibawah tanah ketika masa penjajahan (hehehe). 


Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat ya!
Love, Irena nova wijaya

No comments:

Post a Comment