Monday, September 2, 2013

Live Healthy Be Happy

Apakah anda tahu..

Diabetes?
Obesitas?
Asam urat?
Stroke?
Hipertensi?
Kanker?

Hal-hal tersebut dapat menimbulkan mudah lelah, sakit kepala, gairah seksual menurun, keguguran, sulit bernapas, sakit pada sendi, mati rasa pada salah satu anggota tubuh, dan tentunya dapat juga menyebabkan kematian!

Ya kurang lebih seperti ini tampilannya:







Salah satu penyebab penyakit-penyakit tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat. Memang terlihat tidak mudah menjalani hidup sehat di zaman yang sudah modern ini. Contohnya saja, pagi hari sudah bertemu dengan kemacetan alhasil kita hanya dapat duduk dan tidak banyak bergerak. Belum lagi ketika menaiki angkutan umum, biasanya penuh dengan asap polusi dan penumpang yang merokok. Sampai tempat tujuan sudah capek duluan alhasil lebih memilih naik lift dari pada menaiki tangga. Menjelang siang, udara panas membuat kebanyakan orang memilih minuman dingin dengan takaran pemanis asal-asalan. Belum lagi jam istirahat yang terbatas akhirnya memilih makanan yang cepat saji, boro-boro memikirkan kandungan gizinya. Dimalam hari sudah pusing dengan kegiatan yang padat akhirnya menghibur diri dengan makanan tidak sehat. Pada saat weekday sudah berjuang dengan sekuat tenaga, ya pada saat weekend bersantai menikmati hari libur. Belum lagi gadget bertebaran dimana-mana. Coba hari gini siapa yang tidak punya gadget? Terlalu asyik memainkan gadget membuat seseorang malas bergerak. 

Hal-hal seperti inilah yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit obesitas, kanker, diabetes, asam urat, hipertensi, dll diusia muda. Mungkin sekarang kita tidak menyadari, kita merasa badan bugar dan hati tetap senang. Namun secara perlahan penyakit bersarang di dalam tubuh tanpa disadari karena gaya hidup yang salah. Coba pikirkan kalau sudah terkena salah satu dari penyakit tersebut sangat merepotkan bukan? Mobilitas terhambat, membuat khawatir orang yang menyayangi kita, pengeluaran bertambah, kerja tidak maksimal, perkembangan hidup terhambat, dan masih banyak lainnya. Betapa merepotkan dan menyakitkan.

Sebenarnya tidak sulit menjaga gaya hidup sehat di zaman modern ini. Semua dimulai dengan niat. Niatkan saja dalam hati, "Kalau saya sehat saya bisa mewujudkan mimpi saya.. kalau saya sehat saya bisa membantu orang lain.. kalau saya sehat saya bisa membahagiakan kedua orang tua.. kalau saya sehat saya bisa leluasa bertemu dengan orang-orang yang disayangi.."

(1) Dimulai dari pagi hari, biasakan bangun lebih pagi agar terhindar dari kemacetan. Sebelumnya jangan lupa sarapan bergizi (roti gandum, telur, susu low fat, sereal, green tea, buah, dsb.). 
(2) Sampai tempat tujuan biasakan naik tangga di bandingkan lift. Bagi yang hanya memiliki sedikit waktu olahraga, naik tangga bisa menjadi salah satu sarana olahraga ringan. 
(3) Ketika makan siang biasakan membawa bekal sendiri dari rumah. Dengan membawa bekal selain lebih bersih anda tentunya sudah tahu kandungan gizi apa saja yang terkandung di dalamnya.
(4) Ketika anda merasa lelah dengan rutinitas dan ingin menghibur diri dengan makanan tidak sehat (mie instan, gorengan, dll) biasakan membuat sendiri makanan-makanan tersebut dengan bahan-bahan yang dimodifikasi (mie instan diganti dengan pasta/mie telur, bumbu mie instan diganti dengan kaldu ayam atau racikan sendiri, gorenglah gorengan dengan minyak zaitun, dsb.). 
(5) Ketika weekend ajaklah orang terdekat untuk olahraga bersama. Di samping membuat lebih semangat, dapat juga membangun keintiman dengan orang tersebut. Bonusnya badan menjadi lebih sehat dan bugar.
(6) Lalu yang terakhir hindari stress dan berbahagialah karena anda sudah menjalani gaya hidup sehat. 


(Sumber gambar: Google)

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
Irena Nova Wijaya. 

No comments:

Post a Comment